Ilustrasi Catatan Sejarah dan Asal Usul Domino

Mengupas Sejarah Dan Asal Usul Permainan Domino

Sejarah Dan Asal Usul Permainan Domino! Permainan domino telah ditemukan di Cina pada tahun 1120 M. Beberapa catatan sejarah telah menelusuri bukti keberadaan keping-keping itu. Sejarawan lain percaya bahwa Keung T’ai Kung telah menciptakan permainan ini pada abad ke-12 SM. The Chu sz yam (Investigasi pada Tradisi Segala Sesuatu) menyatakan bahwa domino diciptakan oleh negarawan pada 1120 M. kartu domino diedarkan di luar negeri oleh perintah kekaisaran Kao-Tsung (1127-1163 CE).

Michael Dummett menulis bagian pendek dalam sejarah “Game of Tarot” yang mengencani pengenalan domino di Eropa hingga Italia. Dan kemungkinan di Venice dan Naples, pada abad ke-18. Sebuah domino tunggal ditemukan dengan reruntuhan Mary Rose (awal abad ke-16). Secara keseluruhan, ada begitu banyak bukti adanya Permainan Domino di abad ke-16 dan abad ke-17.

Permainan Domino Eropa menggunakan domino berbentuk persegi panjang. Ada satu ubin untuk setiap kombinasi dari sepasang dadu. Setelan kosongnya adalah lemparan satu dadu, untuk total dua puluh delapan ubin dalam standar Dua set ganda. Set lain dengan jumlah ubin yang lebih besar kemudian di temukan, dengan dua sembilan dan Dua belas set ganda menjadi ekstensi yang paling umum.

Kata “domino” kemungkinan besar berasal dari bahasa Latin, dominus (yaitu tuan rumah). Kemudian Vokatif domine berubah menjadi domini Skotlandia dan Inggris (mis. Guru sekolah). Dominal atau ablatif,  menjadi domino Prancis dan domino Inggris. Kata ini pertama-tama mengacu pada jenis tudung monastik, kemudian ke kostum topeng berkerudung dengan topeng kecil, lalu ke topeng itu sendiri, dan akhirnya ke salah satu bagian dalam set domino, yaitu ubin.

Baca Juga: Cara Ampuh Mencegah Hilangnya Chip Poker

Bagaimana Perkembangan Permainan Domino?

Permainan Domino ini bergeser dari Italia ke Prancis pada awal abad ke-18 dan menjadi tren pada saat itu. Pada akhir abad ke-18, Perancis juga memproduksi teka-teki domino. Teka-teki terdiri dari dua jenis. Pertama, Anda diberi pola dan diminta untuk menempatkan ubin di atasnya sedemikian rupa sehingga ujungnya cocok. Sedangkan pada tipe kedua, Anda diberi pola dan diminta untuk menempatkan ubin berdasarkan sifat aritmatika, biasanya total garis ubin dan potongan ubin.

Buku “CREATIVE PUZZLES OF THE WORLD” oleh van Delft dan Botermans memiliki reproduksi antik Prancis terkait teka-teki gambar. Teka-teki gambar dirakit dengan mencocokkan ubin domino di bagian bawah kotak gambar. Kemudian Permainan Domino ini tiba di Inggris pada akhir abad ke-18. Dan dengan cepat telah menjadi populer di penginapan dan kedai pada saat itu.

Kata “Domino” adalah bahasa Prancis yang berarti tudung hitam dan putih yang dikenakan oleh pendeta Kristen di musim dingin. Permainan Domino Barat paling dasar adalah game block-and-draw untuk dua hingga empat pemain. Cara bermainnya adalah domino dikocok menghadap ke bawah di atas meja. Pemain menggambar untuk memimpin, yang kemudian dimenangkan oleh bagian “terberat”. setiap pemain kemudian mengambil secara acak jumlah potongan yang diperlukan untuk permainan, biasanya tujuh. Potongan-potongan yang ditinggalkan disebut stok.

Permainan Domino dimainkan di seluruh dunia, dan sangat populer di Amerika Latin. Di mana permainan ini ditetapkan sebagai permainan nasional bagi banyak negara Karibia. Penduduk Amerika latin memainkan permainan menggunakan ubin. Ubin ini terbuat dari tulang yang sangat mirip dengan Domino Barat. Permainan ini mungkin lebih meniru permainan Barat daripada penemuan asli Permainan Domino.

ADD YOUR COMMENT